Kado Istimewa dari Anak Bangsa Menyambut HUT Ke-70 RI

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 08:01 WIB
Kado Istimewa dari Anak...
Kado Istimewa dari Anak Bangsa Menyambut HUT Ke-70 RI
A A A
PEMUTARAN perdana film animasi Battle of Surabaya di bioskop-bioskop Tanah Air pada Kamis (20/8) menjadi kado istimewa bagi perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Battle of Surabaya (There Is No Glory In War!) memang menjadi megaproyek film anime layar lebar menyambut perayaan 70 tahun kemerdekaan RI. Pihak MSV Pictures juga menggandeng sejumlah pengisi suara tokoh (dubber atau seiyuu ) kenamaan untuk menghidupkan anime ini.

Tidak tanggung-tanggung, seiyuu kenamaan Novie Burhan didaulat untuk menangani pengisian suara Battle of Surabaya . Nama-nama para seiyuu yang terlibat dalam anime ini adalah Ian Saybani, Guritno, Jumali Jindra, dan Novie Burhan sendiri. Dua artis ternama yaitu Reza Rahardian dan Maudy Ayunda juga didapuk mengisi suara pada dua tokoh utama film ini.

Beberapa dubber mancanegara juga terlibat dalam pengisian suara karakter-karakter orang Belanda, Jepang, dan orang asing, antara lain Jason Williams, Tanaka Hide - toshi, Nuriko Okuyama, Nobuyuki Suzuki. Setelah tiga tahun melalui tahapan produksi, akhirnya MSV Pictures sukses meluncurkan film perdana mereka berjudul Battle of Surabaya (There Is No Glory In War!) .

Film ini merupakan film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia yang sudah ditayangkan di bioskop-bioskop tiga hari setelah perayaan Hari Kemerdekaan Ke-70 RI. Sutradara Aryanto Yuniawan mengutarakan bahwa trailer Battle of Surabaya telah meraih berbagai penghargaan, yakni Digital Animation Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA), Indigo Fellowship 2012, Peopleís Choice Award International Movie Trailer Festival (IMTF) 2014, serta Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Battle of Surabaya juga mendapat apresiasi dan menjadi film pertama Indonesia yang dilirik production house internasional sekelas Walt Disney Pictures. Menurut Aryanto, film Battle of Surabaya didukung dari segi teknis dan mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia. Opsi tersebut yang akhirnya dipilih MSV Pictures sebagai bentuk kerja sama dengan Disney.

“Jadi, awalnya Disney ikut memberi masukan, memberi saran, kemudian mereka menawarkan tiga pilihan,” papar Ary, sapaan akrab Aryanto Yuniawan. Pilihan pertama , film ini akan dibeli putus oleh Disney. Jadi, film ini akan jadi milik Disney. Opsi kedua , Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka. Jadi, akan ada label Disney nantinya.

“Kemudian opsi yang ketiga adalah Disney akan men-support dalam hal teknis untuk membuat film yang bagus. Mereka juga akan memperluas jaringan untuk film Battle of Surabaya ke jaringan-jaringan Disney (atau partner nya) di seluruh dunia,” ujarnya. Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Terdapat tokoh Musa, seorang remaja penyemir sepatu yang kemudian membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia, Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

Muh fauzi
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)